Pernah merasa ingin kembali ke masa lalu dan mengulanginya lagi. Yap, Sama!! saya juga salah satunya yang mengincar mesin waktu. Ingin rasanya kembali ke masa lalu dan memperbaiki apa yang terjadi di masa lalu, salah satunya adalah saat pertama kali saya memulai mengenal Blog.

Di Mulai Dari Laptop Hadiah Ortu

Waktu itu saya sudah kelas 3 SMA tahun 2012, jadi udah sekitar 6 tahun yang lalu. Orang tua membelikan laptop untuk saya, sebagai hadiah dan penambah semangat belajar. Awalnya sebenarnya saya sudah dibelikan komputer lengkap satu set dengan modem dan juga printernya (Belinya waktu saya sakit dan keluar dari pondok pesantren). Tapi karena komputernya rusak, saya ingin dibelikan laptop (Alasannya biar bisa dibawa kemana mana, khususnya sekolah), Karena juga kebetulan di sekolah sudah ada wifi yang terpasang. Alhamdulillah doa saya terkabul dan sebuah laptop dengan merk Thosiba sah menjadi milik saya.

Mushola BerWIfi, Bukannya Jadi Tempat Beribadah, Tapi Malah Buat Mainan Laptop 

Saya sangat bersyukur sekali waktu itu akses wifi sudah masuk ke sekolah, dan dipasang di kantor yang dekat dengan musholla. Karena kita (saya dan teman teman) tidak mungkin main di kantor guru, ya udah akhirnya musholla yang jadi tempat mangkal buat wifian. Saya biasanya melakukan aktivitas wifian, kebanyakan sore hari, selepas pulang sekolah. Biasanya karena menunggu adek yang ikut ekstrakulikuler, jadinya saya punya waktu menganggur yang cukup banyak untuk mainan laptop di musholla. akhirnya karena hampir setiap hari saya selalu browsing, berselancar internet. Lama lama saya mulai mengenal banyak hal, khususnya soal blog.

Pertama Kali Bikin Blog, Saya Langsung Bikin 5 Blog, Niche Campur Aduk, Acak Adul. Karena Waktu Itu Blog Sekedar Menyalurkan Hobi Menulis Saya 

Saya suka membuat cerpen, saya suka menceritakan hari hari yang saya lalui, saya suka membuat puisi dan pengalaman yang menarik lainnya. Akhirnya saya menggunakan blog awalnya bukan untuk monetise atau mencari uang seperti sekarang. Dulu semua blog saya murni adalah untuk hobi menulis. Apalagi dulu ada teman juga yang hobi ngeblog sama seperti saya. Disitu juga saya lebih banyak fokus pada tampilan blog saya daripada promosi apalagi cari uang. Templatenya dibikin bermacam macam dan khas anak perempuan. Mulai dari tulisan kedap kedip. Background warna warni. Hingga tak lupa hujan bintang. Plus widget aneh aneh dan lucu lucu seperti boneka panda dengan tulisan "welcome". Kalau mengingat itu terkadang membuat saya tertawa sendiri, mengingat betapa lebaynya blog pertama yang saya buat. Untung saja, sekarang ini blognya udah di hapus sama mbah google, karena sudah tidak terurus dan lagi akun gmailnya juga sudah lama hilang.

Tapi Lama Kelamaan Saya Menyadari Bahwa Blog Juga Bisa Di Monetise, Saya Juga Sudah Mengenal Adsense Dan Affiliasi. 

Hobi nulis memang tersalurkan, tapi jika tidak ada benefit lebih, biasanya lama kelamaan kita akan malas untuk melanjutkan suatu perbuatan produktif. Itupun yang saya rasakan saat ngeblog waktu itu. Akhirnya saya pun mencari cari info soal cara memonetise blog, dan memang saya temukan salah satunya adalah GA (Google Adsense) yang memang sudah menjadi incaran dan idaman para blogger hingga sekarang. Saya pun juga mencoba peruntungan dengan mendaftar GA saat itu. Dan pasti bisa ditebak, saat blog saya masih acak adul, template yang berat karena terlalu banyak widget, nichenya gak beraturan. 3 kali saya mendaftar, dan 3 kali pula saya ditolak. Namun, bukan berarti setelah itu saya menyerah, akhirnya setelah gagal dengan adsense, saya mencoba untuk berafiliasi dengan salah satu web afiliasi saat itu. dan lumayanlah dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak, saya juga mendapatkan hanya sedikit pendapatan. tapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

Dan Akhirnya Semuanya Berubah Karena UN Menyerang, Karena Saya Mulai Mengurangi Aktivitas Blog Dan Lebih Fokus Pada UN, Juga Universitas.

akhirnya saya vakum sangat lama, hingga akhir 2017 kemarin mulai nge blog lagi dan menjalankan blog yang sudah saya buat kembali. Karena saat itu saya terpaksa untuk mengurangi jatah saya bermain internet, karena fokus pada Ujian Nasional. Dan setelah masuk universitas saya juga sudah tidak lagi fokus pada blog, karena banyak hal baru di universitas yang lebih menggoda saya untuk dilakoni. Baru setelah belajar lebih banyak dari seorang suhu yang sudah berkecimpung dalam dunia blog dan web. Saya baru kembali menata blog saya agar lebih terarah dan gencar promosi. Ya Alhamdulillah meskipun belum sebesar para suhu yang sudah jadi master. Penghasilan blog, cukuplah buat jajan dan celengan masa depan.

Doakan ya, semoga saya tidak lagi vakum dalam blog saya, dan tidak merugi waku lagi. Jujur saja, saya sedikit menyesal. Jika dulu saya lebih banyak belajar soal blog, mungkin sekarang pengunjung blog saya sudah ribuan atau jutaan orang, dan penghasilan saya otomatis jutaan. Tapi bagaimanapun, saya tidak mungkin menyesali masa lalu saya. InsyaAllah ilmu yang saya dapatkan dari pengalaman masa lalu, dan pembelajaran dari suhu dan teman teman, akan membuat saya lebih giat lagi dalam nge blog. :D

Salam