Aku, Dubes Inggris Untuk Indonesia (Moazzam Malik) dan peserta seminar
Rabu 29 April 2015 adalah hari yang cukup istimewa bagi aku. Di mulai saat sedang asyiknya menikmati Wifi kampus di salah satu gedung fakultas tiba-tiba salah satu senior mengabari "Nanti Jam 2 Dubes Inggris datang ke UIN" ucapnya waktu itu. Dia (si kakak senior) menyuruhku meliput Dubes Inggris selama beliau berkunjung ke kampus (Khususnya Rektorat). Akhirnya sebagai wartawan kampus aku berusaha mencari info-info terlebih dahulu di Internet seputar siapa Dubes Inggris itu.

Moazzam Malik itulah yang tertera disalah satu situs berita yang aku baca. Beliau ternyata adalah Dubes Inggris pertama yang beragama Islam di Indonesia. beliaupun sudah cukup fasih berbahasa Indonesia  karena sudah 6 bulan belajar bahasa Indonesia sebelum bertugas di sini. dan ternyata kedatangannya dikampus UIN Sunan Ampel Ini juga adalah salah satu rutinitas beliau selama kantor Dubes dipindahkan di Surabaya. Dengan menggunakan mobil berwarna hitam (entah aku lupa apa merknya) beliau beserta para ajudan dan sekertarisnya datang berkunjung ke UIN Sunan Ampel Surabaya sekitar pukul 2 tepat.

Aku yang sudah menunggu di depan rektorat pun was-was dan tak sabar menunggu kedatangan beliau. sampai akhirnya aku melihat ada 3 mobil yang ditengahnya terdapat bendera kebangsaan Inggris melewati Rektorat saja. aku pun panik dan segera melapor ke satpam Rektorat, karena aku sempat berpikir itu mobil Dubes dan salah arah. akhirnya dengan tergesa-gesa dan ngos-ngosan (Maklum jarang lari) aku mengejar 3 mobil itu.

Dan benar saja, tepatnya di depan fakultas dakwah 3 mobil itu terparkir dengan rapi dan terlihat beberapa orang berseragam yang aku kira adalah ajudan beliau, sambil menghela napas panjang aku menanyai 2 ajudan yang sedang bercakap-cakap. mereka membenarkan ucapanku bahwa itu memang benar mobil Dubes, namun bukan karena kesasar mereka sampai disitu, itu karena Pak Dubes ingin berjalan-jalan terlebih dahulu mengitari kampus. setelah menunggu cukup lama akhirnya aku bisa bertemu dan berkenalan langsung kepada Dubes Inggris itu, sayangnya ketika ingin mengajak foto bareng hpku Low Bat (nasib memang nasib).

Akhirnya aku masuk ke rektorat bersama dengan Dubes Inggris tersebut. beliau (Dubes Inggris memasuki kantor rektor sedangkan aku masuk ke ruang seminar yang sudah diisi oleh banyak mahasiswa, untunglah aku bisa mendapatkan tempat duduk. sekitar pukul 03.00 Dubes Inggris beserta Rektor memasuki ruangan seminar dan menyapa para Mahasiswa yang telah menunggu beliau mulai dari jam 2 tadi. Di dalam seminar beliau lebih banyak membahas mengenai perkembangan agama islam yang pesat dan potensi Indonesia kedepannya yang diprediksi akan berkembang dengan sangat maju. Beliau menyampaikan dengan bahasa inggris harapannya yaitu "UK and Indonesia can collaborate and work together to solve International problems"

Dan akhirnya di akhir acara aku bisa juga berfoto bersama dengan beliau :)

Keep Smiling :)